Selamat Datang...silahkan bereksplorasi di blog kami...

Selamat Datang...silahkan bereksplorasi di blog kami...

Jumat, 21 Januari 2011

Bikin simulasi, strategi bermain Futsal / Sepak Bola.

Bikin simulasi, strategi bermain Futsal / Sepak Bola.

     Hobi sepak bola memang sudah ada semenjak saya dibangku SD (Sekolah Dasar) di era tahun 80-an. Terkadang walaupun saya masih sekolah dasar waktu itu, tidak jarang ikut latihan sepak bola dengan orang2x dewasa, pemuda 2x dilingkungan tempat tinggal saya. Kebetulan didekat rumah ada lahan bekas galian proyek Bendungan Jatigede yang lumayan luas, walau ada bagian2x lapangan yang becek dan kubangan. Dengan beralaskan kaki, lapangan becek terlebih dikala hujan, ditengah hujan petir bersahutan, kami bersama teman2x tetap bermain bola, tidak jarang ditengah hujan beberapa pohon nira atau kawung (Sunda) yang tumbuh sekeliling lapangan tersambar petir hingga mengeluarkan asap, dengan reflek semua yang lagi maen bola tiarap karena takut petir, namun beberapa lama kemudian maen lagi. Hampir tiap sore kami selalu maen bola.
     Hobi maen bola terus berlanjut sampai masa kuliah. Bahkan sampai saat inipun saya masih sering maen sepak bola, namun akhir2x ini lebih banyak maen dilapangan indoor alias Futsal mengingat kondisi phisik sudah tidak memungkinkan lagi maen dilapangan besar, disamping itu juga sekarang ini sedang menjamurnya maen bola Futsal. Beberapa kali kantor tempat kerja saya ikut dalam turnamen2x yang diselenggarakan perusahaan rekanan, diantaranya Turnamen Futsal PT. Asuransi Tugu Kresna Mandiri (TKP), Turnamen Futsal PT. Malindo (Juara 1), dan terakhir Turnamen Futsal yang diselenggarakan PT. Asuransi AXA (Juara 1).
     Selama turnamen2x yang diikuti, saya coba2x iseng cari di internet tentang strategi2x bermain bola, dan akhirnya saya menemukan tools yang lumayan bagus untuk membuat simulasi dan strategi bermain bola. Program ForCoach Tactic v355 namanya. Program ini bisa dirancang untuk permainan lapangan besar maupun lapangan Futsal. Selain itu kita juga bisa mengatur jumlah pemain, official dan wasit, masing2x pemain bisa diberi title atau nama pemain.
     Cara kerja dari program ini adalah membuat susunan pemain dan lawannya, kemudian dibuat suatu tactik bermain sepak bola layaknya pertandingan yang sesungguhnya. Taktik dan strategi bisa dijabarkan dalam suatu serangan, cara memberikan bola, mengumpan bola ke daerah lawan, bahkan bisa disimulasikan pelanggaran2x dari wasit. Tajktik dan strategi yang sudah dibuat bisa di generate kedalam suatu file format video (.avi), bahkan bisa juga digenerate ke file Powerpoint atau MS Word. Saya lebih suka generate ke format video, walaupun proses memakan waktu lumayan lama tergantung kapasitas memori computer dan ukuran filenya lumayan besar juga.
     Selain program ForCoach Tactic ini, masih ada beberapa program yang sejenis lainnya seperti : ForCoach Soccer, ForCoach Statistic dll.
Futsal Tactic
Untuk lebih jelasnya silahkan click di www.Forcoach.com

1 komentar: