Selamat Datang...silahkan bereksplorasi di blog kami...

Selamat Datang...silahkan bereksplorasi di blog kami...

Kamis, 20 Januari 2011

Ayo Brur, Kita Main Futsal!

Ayo Brur, Kita Main Futsal!

Pertama kali saya akan bermain futsal, saya menganggap remeh permainan ini. Bukan apa-apa... saya biasa lari satu lapangan sepak bola penuh, bolak-balik lagi! Tapi begitu saya mencobanya, saya ngos-ngosan, napas seperti mau putus, lapangan kecil justru memaksa kita untuk terus-menerus bergerak tanpa istirahat.        
Ketika mata mulai kunang-kunang, saya mulai paham kesalahan saya. Dan kebanyakan, hal itu diteriaki oleh kawan-kawan, coach, dan penonton di pinggir lapangan. Yaitu:

KERJASAMA
Jangan sok dengan berlama-lama mempermainkan bola. Disini Anda tak perlu beratraksi individu sebab futsal adalah permainan yang sangat menekan kerjasama tim. Kolektivitas permainan lebih dibutuhkan dibanding aksi individual.

Dengan keterbatasan ruang, tekanan konstan lawan, dan waktu permainan 2 X 20 menit, Anda harus lebih mengarahkan keterampilan mengolah bola untuk membangun kerjasama tim. Di futsal Anda hanya mempunyai waktu sepersekian detik sebelum bertindak -mengumpan atau menendang. Rata-rata Anda akan bersentuhan dengan bola setiap 29,5 detik. Artinya, setiap pertandingan Anda akan menguasai bola sebanyak 80 kali. Bandingkan jika Anda bermain bola di lapangan standar yang berlangsung selama 90 menit. Maksimal Anda hanya akan menguasai bola 30-40 kali saja.

KECEPATAN DAN KELINCAHAN
Apa yang dibutuhkan dari futsal? Kecepatan dan kelincahan jelas menjadi salah satu jawaban yang layak dikedepankan. Bermain futsal mengajari Anda untuk: Cepat bergerak dan berlari, beraksi, bereaksi, membuat keputusan, antisipasi, mengubah arah pergerakan, melakukan serangan balik, sekaligus bertahan dan menyerang.
        BUTUH STAMINA PRIMA
Lapangan yang digunakan untuk bermain futsal memang lebih kecil dari lapangan sepakbola. Tapi percayalah, waktu 2 X 20 menit yang disediakan dalam permainan bakal banyak menguras tenaga dan membuat napas Anda tersengal-sengal karena kelelahan. Itu karena Anda dipaksa bergerak terus menerus!
INGAT! PANTULAN BOLA
Di permainan sepakbola lapangan standar, bola yang digunakan berukuran 5. Di futsal, Anda akan menggunakan bola yang berukuran lebih kecil, nomor 4. Bola ini memiliki ukuran keliling 62-64 cm dan mempunyai berat 390-430 gram.

Namun, dibandingkan bola berukuran sama yang digunakan untuk bermain sepakbola lapangan standar, bola futsal dikurangi daya pantulnya. Toleransi daya pantul bola futsal adalah 55-65 cm pada pantulan pertama. Singkatnya, lebih berat untuk ditendang!

JUMLAH PEMAIN
Jika bermain sepakbola lapangan standar, Anda membutuhkan 22 pemain untuk memulai permainan. Di futsal, Anda hanya memerlukan kurang dari separuh angka itu. Setiap tim hanya membutuhkan maksimal lima pemain di lapangan, salah satu di antaranya berperan sebagai penjaga gawang. Di pertandingan resmi, batas jumlah pemain cadangan tujuh orang.

Futsal tak membatasi jumlah pergantian pemain. Metode pergantian pemain menggunakan metode melayang. Artinya, semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja. Sementara pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan atas persetujuan wasit.
DURASI PERMAINAN
Lama permainan futsal adalah 2 X 20 menit. Di antara masing-masing babak terdapat waktu istirahat 10 menit. Pada masing-masing babak, setiap tim berhak mendapatkan kesempatan untuk melakukan satu kali time out selama satu menit. Waktu dapat diperpanjang untuk tendangan penalti.        
SAATNYA BERMAIN
Ya, sekilas kami telah mengenalkan olahraga ini pada Anda. Kini saatnya Anda mencoba. Dan sebelum turun ke lapangan, ada baiknya Anda melatih kembali teknik dasar permainan seperti cara mengumpan, mengendalikan, menendang dan menggiring bola. Meskipun Anda jago bermain sepakbola, futsal adalah versi yang berbeda. Selamat bertanding!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar